RSS

Gagak Rimang Tetap Eksis

21 Dec


Apa sih Gagak Rimang ?

Gagak rimang merupakan komunitas sepeda onthel kota Semarang yang berdiri sejak tanggal 25 oktober 1991 ini tidak hanya beranggotakan anak muda saja tapi juga segala kalangan, termasuk anak kecil dan lanjut usia. Seperti Bapak Paiman yang berusia 81 tahun dan juga Bapak Parjio yang berusia 65 tahun. Beliau sanggup mengayuh sepeda tuanya dari Mranggen ke Demak. Menurutnya jarak ia tempuh tak sebanding dengan kepuasannya dalam menekuni hobinya bersepeda.

Sepeda Onthel versus Vixie ..

Maraknya pencinta sepeda vixie di kalangan anak muda tidak menyurutkan minat mereka terhadap sepeda onthel. Banyak juga mahasiswa yang rela membeli sepeda tua ini dengan harga yang tinggi. Harga sepeda onthel yang mencapai belasan sampai puluhan juta rupiah ini tidak menyurutkan minat mereka untuk memilikinya. Menurut salah satu penggemar dari kalangan muda ini, sepeda tua justru memiliki nilai historial yang tinggi dan banyak keunggulannya dalam segi kualitas dibandingankan sepeda ‘masa kini’ (Vixie). Mereka merasakan kenyamanan saat mengendarainya. Dari bahan pembuatnya pun, sepeda yang dibuat sejak zaman belanda dinilai lebih awet dan tidak mudah rusak.

Apa sih yang diharapkan dari komunitas ini ?

Bule pun ikut bersepeda ...

Komunitas ini bertujuan untuk mensosialisasikan sepeda tua sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan.

Aktivitasnya apa aja sih ?

Pada setiap minggu pagi kumpul di taman Diponegoro atau mengisi kegiatan car Friday yang start dari balai kota (Jl. Pemuda) sampai kota lama. Ada juga kegiatan Kunjung Rukun yang bertujuan untuk mendekatkan sesama anggota tapi juga untuk melihat tempat-tempat yang menarik.

Gimana sih cara gabungnya ?

Eit….. buat kalian yang mau gabung jangan ragu, komunitas ini tidak hanya untuk orang tua saja lho tapi juga untuk kalian yang anak muda. Caranya mudah kok. Datang aja ke car free day atau ke lapangan Pancasila (Simpang Lima) setiap Minggu pagi.

 
Leave a comment

Posted by on December 21, 2011 in community

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: