RSS

KOMUNITAS FLAG FOOTBALL

24 Dec

Hai dotcommers. Siapa bilang olahraga permainan hanya untuk mereka yang berbadan atletis?. Bagi komunitas Indonesian Flag Football Association, atau biasa dikenal IFFA, orang gemuk atau kurus sama-sama punya peran, ketika bertanding di lapangan hijau. Flag football merupakan variasi dari olahraga American Football, di mana dua tim yang berhadapan, berusaha membawa bola lonjong sampai ke garis depan.

Meski namanya football, bola lonjong ini tidak ditendang lho ketika hendak dioperkan. Tetapi dilemparkan, dari satu pemain ke pemain lain. Dengan cara ini bisa mengurangi risiko cedera parah. Karena risiko cedera bisa diminimalisasi, permainan flag football tidak memerlukan peralatan pengaman seperti helm atau pelindung bahu yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Pada permainan flag football ini, para pemain memakai tiga bendera kecil, yang diselipkan di pinggang. Apabila bendera itu berhasil direbut lawan, si pembawa bola harus menghentikan permainan. Karena ia dianggap, sudah dijatuhkan oleh lawan.

Dari sekadar ingin tahu aturan main American football dan flag football, para penggemar permainan ini memutuskan untuk bermain bersama. Namun, sebelumnya mereka sering berkumpul untuk nonton bareng pertandingan di kafe.

Nonton pertandingan menjadi semacam pelatihan bagi mereka yang masih awam dengan aturan main flag football. Pada saat menonton, mereka yang paham dengan permainan ditunjuk sebagai ”pelatih”. Mereka lalu memberi wawasan kepada calon pemain lain. Biasanya mengadakan kelas pelatihan selama satu hari sebelum terjun ke lapangan.

Komunitas yang resmi dibentuk sejak 19 januari 2010 lalu, selalu rutin melakukan latihan setiap selasa sore jam 4, di lapangan Simpang Lima. Dan minggu pagi jam 8, di lapangan Tri Lomba Juang. Supaya permainan lebih seru, IFFA tidak sekadar mengadakan latihan rutin seminggu dua kali, tetapi juga pertandingan besar sebanyak dua kali dalam setahun.

Menurut Agraha, ketua IFFA Semarang, flag football cepat berkembang karena permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Tidak dibutuhkan bentuk tubuh ideal untuk bisa bermain flag football. Mereka yang berbadan kurus atau gemuk seperti pemain sumo sekalipun bisa menjadi pemain flag football. Bagi yang bertubuh kecil, biasanya mendapat peran sebagai running back atau penerima bola yang siap berlari ke lini depan lawan sambil membawa bola. Mereka yang berbadan besar berperan sebagai penjaga pertahanan atau disebut lineman. Lineman hanya berdiri di tengah lapangan lalu dengan kekuatannya mendorong tubuh lawan agar jatuh.

Mereka yang bergabung dengan IFFA datang dari berbagai kalangan, seperti pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa hingga orang-orang yang sudah bekerja.

Gimana seru sekali bukan permainan ini. nah buat kalian yang tertarik dengan flag football, bisa langsung bergabung dan ikut menikmati olahraga ini. Cukup dengan datang ke salah satu kegiatan IFFA, dan menyatakan keinginan untuk bergabung.

Cp Agraha Dwita: 085727177836.

 

 
Leave a comment

Posted by on December 24, 2011 in community

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: